Rabu, 07 April 2010

Pengertian Tajwid

Menurut Lughoh (bahasa)
Tajwid secara bahasa berasal dari kata " JAWWADA - YUJAWWIDU - TAJWIDAN " yang artinya membaguskan atau membuat jadi bagus.
Pengertian lain menurut bahasa, Tajwid dapat diartikan " AL ITYAANU BIL JAYYIDI " yang artinya segala sesuatu yang mendatangkan kebajikan.

Menurut Istilah (ilmu Tajwid)
ilmu tajwid adalah ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul huruf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustahaqqul huruf) dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum madd, dan sebagai nya. sebagai contoh adalah tarqiq, tafkhim dan semisalnya.

Dalam matan Al-jazariyyah, halaman 14 dijelaskan bahwa ilmu tajwid adalah:
Ilmu yang memberikan pengertian tentang hak-hak huruf, sifat-sifat huruf, dan mustahaqqul huruf.

Imam Jalaluddin as-suyuthi rohimahulloh memberikan pengertian tentang tajwid sebagai berikut:
Memberikan huruf akan hak-haknya dan tertibnya, mengembalikan huruf kepada makhrojnya dan asal sifatnya serta menghaluskan pengucapan dengan cara yang sempurna tanpa berlebih-lebihan, serampangan, tergesa-gesa dan dipaksakan.

Demikianlah beberapa pengertian tajwid, baik menurut bahasa maupun istilah yang dikemukakan para ahli tajwid, melalui kitab-kitabnya, semoga dapat memberikan pemahaman buat kita semua amiiiiiiin.


Note:
Bagi yang ingin bertanya silakan hubungi : tatdarm@yahoo.com
Tatang Darmawan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar